WhatsApp Image 2019-02-17 at 8.15.48 PM.

KEGIATAN MASYARAKAT

Membangun program konservasi dan ekoturisme

 

APA SAJA KEGIATAN KAMI?

MEMBERSIHKAN KAWASAN PANTAI YANG PENUH SAMPAH

Juni 2019

Sampah masih berserakan di desa kami, terutama di kawasan pantai. Masyarakat masih membuang sampah di pantai atau laut. Terkadang, sampah yang di darat pun akhirnya terbawa oleh air hujan dan terkumpul di pantai. Akibatnya, pantai menjadi tempat yang paling kotor di desa kami. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membersihkan kawasan ini. Para turis yang nantinya akan datang pun akan menaiki perahu dari sini, sehingga kami ingin memastikan bahwa pantai harus selalu bersih dan terjaga.

PEMBANGUNAN PAPAN INFORMASI DI DESA

Juli 2019

Untuk menyebrang ke Pulau Mantawalu Daka, turis akan naik perahu dari desa kami. Dengan adanya papan informasi mengenai kegiatan konservasi, turis dapat belajar tentang kalong dan kami juga bisa menjelaskan upaya-upaya yang telah desa lakukan untuk melindungi kalong. Papan informasi 'Selamat datang di Kawasan Konservasi Poniki' berisi tentang status konservasi Pulau Mantawalu Daka, penjelasan tentang jenis-jenis kalong yang bersarang di pulau, manfaat kalong bagi manusia dan ekosistem, serta update kegiatan-kegiatan desa.

 

MEMBANGUN MENARA PENGAMATAN DI PULAU MANTAWALU DAKA

Agustus 2019

Tiga jenis kalong bersarang di Pulau Mantawalu Daka. Untuk mendukung kegiatan penelitian dan memantau populasi kalong di pulau, maka kami membangun menara pengamatan. Menara setinggi delapan meter ini juga dibangun untuk turis yang ingin melihat kalong dan pemandangan pulau serta laut sekitar yang indah. Masyarakat bergotong royong membawa bahan-bahan dari desa menggunakan perahu ke pulau dan membangun menara bersama-sama.

MEWUJUDKAN DESA YANG ASRI MELALUI PROGRAM PENGHIJAUAN

September 2019

Desa kami cukup gersang. Supaya asri dan teduh, kami melakukan program penghijauan. Saat ini, kami baru menerima bibit pohon ketapang dan mangga untuk ditanam di depan-depan rumah kami. Untuk menjaga bibit-bibit pohon yang baru, kami juga mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik untuk disiram ke pohon secara berkala agar tumbuh subur. Sekarang, 25 bibit mangga sudah ditanam di desa.

 

©2019 by My Site. Proudly created with Wix.com

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now